Kamis, 16 Mei 2013

Jenis -jenis software


Software atau perangkat lunak merupakan program siap pakai yang berguna untuk membantu user/pemakai untuk menyeleaikan banyak pekerjaan.
Berikut jenis – jenis software (perangkat lunak) :
1.   PACKAGED SOFTWARE
Packaged software adalah software atau perangkat lunak yang terdapat di toko – toko software eceran dan software ini memiliki hak cipta. Berikut contoh Packaged software :






a.     Corel Draw
Corel Draw adalah sebuah program komputer yang berfungsi untuk melakukan editing gambar/membuat suatu design grafis. Berikut logo Corel Draw :

b.     Sun Star office
Sun Star Office adalah program aplikasi yang digunakan untuk mengerjakan pekerjaan kantor atau merupakan kumpulan program-program aplikasi office yang biasanya terdiri dari aplikasi pengolah kata, spreadsheet, presentasi, dan aplikasi tambahan lain. Berikut logo Sun Star Office :
c.     Macromedia
Macromedia adalah perangkat lunak yang bergerak di bidang grafis (misalnya membuat animasi), desain web dan pengembangan web. 
2.   FREEWARE SOFTWARE
Freeware software adalah aplikasi atau software gratis yang dapat didownload dan digunakan namun memiliki batasan hak cipta. Biasanya disertai syarat tidak boleh memodifikasi software tersebut. Ada juga yang disertai syarat harus untuk kepentingan non-komersial. Tetapi syarat mutlak sebuah software disebut freeware adalah tanpa batasan jumlah dan waktu pemakaian. Contohnya adalah My SQLFront 2.5, FlashGet, dan Gomplayer.
a.     My SQLFront 2.5
MySQL adalah sebuah perangkat lunak sistem manajemen basis data SQL (database manajemen system) atau DBMS. MySQL berfungsi mengolah database di lingkungan Web yang biasanya bersatu dengan PHP sebagai support programnya dan Apache sebagai servernya. 
b.     Flashget



Program atau aplikasi ini memiliki banyak fitur yang bisa digunakan untuk membantu kebutuhan user untuk mendownload data dengan cepat.
c.     Gomplayer
Gomplayer berfungsi sebagai pemutar video yang mampu membaca hampir seluruh format file video. Hanya saja, untuk beberapa kasus, GOM Player masih harus didampingi oleh Codec untuk menampilkan audionya.
3. OPEN SOURCE SOFTWARE
Open Source adalah perangkat lunak yang mengizinkan siapa pun untuk menggunakan, menyalin, dan mendistribusikan kembali, baik dimodifikasi atau pun tidak, secara gratis atau pun dengan biaya. Kode sumber dari program harus tersedia. GNU/GPL merupakan sebuah kumpulan ketentuan pendistribusian tertentu untuk meng-copyleft-kan sebuah program. Contohnya adalah : GNU/Linux, Mozilla suite, CMS Engine WordPress, Joomla, Free Download Manager, Google Chrome dan open office.org.
a.     Mozilla suite
Mozilla Suite adalah sebuah software gratis yang memiliki fungsi sebagai browser, sehingga sebuah  website dapat dibuka atau diakses.
b.     Open office.org
OpenOffice.org adalah seperangkat perangkat lunak perkantoran yang di dalamnya terdapat fungsi pengolah kata (word processing), pengolah lembar kerja (spreadsheet), pembuatan gambar (drawing), pembuatan presentasi (presentation), pengolahan data, webeditor, database, dan formula editing. OpenOffice.org merupakan perangkat lunak yang gratis dan open source. Karena itu siapapun bisa menggunakannya tanpa dipungut biaya, dan karena open source, siapapun bisa mengakses kode sumber yang membangunnya. OpenOffice.org dikembangkan oleh komunitas OpenOffice.org yang didirikan oleh Sun Mycrosystems.
c.     Program GNU/Linux
Linux merupakan sistem operasi bebas dan terbuka (open source) Sehingga tidak perlu biaya lisensi untuk membeli atau menggunakan Linux (gratis). Linux selain gratis untuk digunakan, gratis pula untuk dimodifikasi dan didistribusikan ulang. Bahkan dapat mengembangkan distro sendiri. 
4.   SHAREWARE SOFTWARE
Shareware adalah software gratis, dapat di download dan digunakan oleh pengguna.  Akan tetapi penggunaan software tersebut ada batas waktunya, jika pengguna merasa softwarenya bagus, maka diharuskan membeli. Shareware sering dibatasi lamanya waktu pakai (misalnya trial 30 hari), atau jumlah software tersebut dijalankan (misalnya 30 kali), atau feature-feature tertentu yang tidak bisa diakses. Sesudah masa ujicobanya berakhir, software bisa saja terkunci atau bisa saja tetap berfungsi sebagaimana mestinya dan tetap terbatas . Contoh shareware software adalah Internet Download Manager, SQLYog Enterprise dan Windows Blind
a.     IDM (Internet Download Manager)
Internet Download Manager memiiki fungsi sebagai berikut :
1. Meningkatkan kecepatan Download dan merupakan Download Manager tercepat
2. Mempermudah download, seperti mendownload video di youtube maka muncul icon
IDM untuk mendownload video,.
3. Dapat meresume download apabila koneksi internet putus, mati lampu dll bias
dilanjutkan untuk mendownload
4. Terintegrasi disemua browser (Firefox.IE, Google Chrome , Opera )dll
b.     SQLYog Enterprise



SQLYog Enterprise adalah perangkat lunak atau software yang berfungsi untuk mengelola database MySQL.
c.     Window Blind
Windows blind adalah sebuah software yang membantu dalam memperindah tampilan komputer sehingga tampilannya menjadi unik atau menarik.

5.    WEB SOFTWARE
a.     Dreamweaver
Dreamweaver adalah software yang dapat digunakan untuk membuat web dari mulai web sederhana sampai web yang proffesional. Dreamweaver ada 2 jenis, yang dibuat oleh adobe dan yang dibuat oleh macromedia. Bagus yang mana? sama aja koq, bedanya jika anda menggunakan yang dari adobe dia membutuhkan spesifikasi komputer yang lebih tinggi, serta dapat bekerja sama dengan adobe photoshop atau mungkin software adobe lainnya.
b.     XAMPP
XAMPP adalah software paket yang di dalamnya terdapat apache, mysql, dan file zilla. Untuk sebagian orang pasti bingung untuk apa software-software tersebut. Oleh karena itu saya akan menjelaskan masing-masing kegunaan dari software tersebut.
b.     Filezilla
Filezilla digunakan untuk mengupload web anda ke web hosting, untuk kemudian di publish.
6.    CUSTOM SOFTWARE
Custom software adalah software atau perangkat lunak yang dipesan lebih dahulu (software yang dibuat secara khusus), yang khusus dikembangkan untuk beberapa organisasi tertentu atau pengguna lainnya. Perangkat lunak custom dikembangkan oleh kelompok pengembangan in-house software, atau ditugaskan dari sebuah perusahaan pengembangan perangkat lunak eksternal sehingga mampu mengakomodasi preferensi tertentu dari apa yang pelanggan  harapkan.Contohnya adalah My Autoplay Pro, Vimas Imaging SDK 5.0, HYDROFLO 2 2 .
a.     My Autoplay Pro
My Autoplay Pro merupakan salah satu aplikasi yang populer dan mudah digunakan yang berfungsi untuk membuat menu autoplay profesional, presentasi interaktif, aplikasi multimedia, dan perangkat lunak custom hanya dalam hitungan menit tanpa pengalaman pemrograman.



Vimas Pencitraan SDK dapat digunakan secara efektif dalam Win32 dan. Bersih aplikasi, database multimedia, sebagai mesin optimasi gambar yang kuat untuk kompresi gambar, lagu palet warna up, generasi thumbnail, konversi format gambar, ekspor, pengolahan batch dan fungsi lainnya.
Fitur utama dari Vimas Pencitraan SDK adalah efektif. Berikut logonya :
c.     HYDROFLO 2 2
adalah alat perangkat lunak kuat yang assist perpipaan perancang sistem dalam pemodelan dan analisis sumber tunggal / debit tunggal, re-beredar dan sistem aliran gravitasi perpipaan. Sistem ini biasanya ditemukan dalam proses industri, pasokan air, pengolahan air limbah, perlindungan kebakaran, proses kimia, tambang de-air, irigasi dan HVAC.
 
 7.   PUBLIC DOMAIN SOFTWARE
Public Domain software adalah  Software yang tidak dilindungi hak ciptanya atau gratis. Software jenis ini tidak terikat secara hukum yang terkait dengan hak cipta. Versi penuh source code tersedia secara bebas untuk dimodifikasi, dan didistribusikan ulang dengan lisensi apapun. Contohnya adalah : STP MP3 Player, HippoDraw.
a.     STP MP3 PLAYER
STP MP3 Player aplikasi ini dirancang untuk menjadi aplikasi bermain MP3 dan CD yang didasarkan pada menjadi ringan pada kedua desain dan dampaknya pada sumber daya sistem dan menyediakan cara yang belum sepenuhnya fungsional sederhana untuk menikmati musik seperti yang dimaksudkan
b.     HippoDraw -
HippoDraw  adalah software atau perangkat lunak untuk analisis statistic data.




c.  Apache  
Apache merupakan web server yang popular. Untuk menjalankan php dan mysql, dibutuhkan webserver, webserver yang juga dikenal dengan istilah HTTPD atau HTTP server,adalah service yang bekerja untuk melayani request dari HTTP client (web browser) ke komputer server. Php dan mysql dapat bekerja sama dengan banyak web server,salah satu webserver yang dikenal dan sudah terbukti ketangguhan serta konektifitasnya dengan php dan mysql adalah apache.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar